Lirik,Teks dan arti Shalawat Badar atau Shalawat Badriyah

Shalawat Badriyah adalah sholawat yang lantunannya sering terdengar dimana - mana, baik di mesjid, di televisi dan dipengajian - pengajian. Bagi saya Shalawat ini sangat berarti karena merupakan lagu nina bobo anak saya Ali Putra Kaabah. Bagi yang ingin tahu lirik, teks dan arti dari Shalawat Badriyah atau Shalawat Badar berikut adalah lirik, teks dan artinya :

Shalaatullaah Salaamul laah ‘Alaa Thaaha Rasuulillaah
Shalaatullaah Salaamulleah ‘Alaa Yaa Siin Habiibillaah

Tawassalnaa Bibismi llaah Wabil Haadi Rasuulillaah
Wakulli Mujaahidin Lillaah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahi Sallimil Ummah Minal Aafaati Wanniqmah
Wamin Hammin Wamin Ghummah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Ilaahi Najjinaa Waksyif Jamii’a Adziyyatin Wahrif
Makaa idal ‘idaa wal thuf Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahi Naffisil Kurbaa Minal’Ashiina Wal’Athbaa
Wakulli Baliyyatin Wawabaa Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Wakam Min Rahmatin Washalat Wakam Min Dzillatin Fashalat
Wakam Min Ni’matin Washalat Bi Ahlil Bailri Yaa Allaah

Wakam Aghnaita Dzal ‘Umri Wakam Autaita D’Zal Faqri
Wakam’Aafaita Dzal Wizri Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Laqad Dlaaqat’Alal Oalbi Jamii’ul Ardli Ma’ Rahbi
Fa Anji Minal Balaas Sha’bi Bi Ahlil Badri Yaa A,llaah

Atainaa Thaalibir Rifdi Wajullil Khairi Was Sa’di
Fawassi’ Minhatal Aidii Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Falaa Tardud Ma’al Khaibah Balij’Alnaa’Alath Thaibah

Ayaa Dzal ‘lzzi Wal Haibah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Wain Tardud Faman Ya-Tii Binaili Jamii’i Haajaati
Ayaa jalail mulimmaati Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahighfir Wa Akrimnaa Binaili Mathaalibin Minnaa
Wadaf i Masaa-Atin ‘Annaa Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahii Anta Dzuu Luthfin Wadzuu Fadl-Lin Wadzuu ‘Athfin
Wakam Min Kurbatin Tanfii Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Washalli ‘Alan Nabil Barri Bilaa ‘Addin Walaa Hashri
Wa Aali Saadatin Ghurri Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Arti dari Shalawat Badar atau Shalawat Badriyah :

Rahmat dan keselamatan Allah,
Semoga tetap untuk Nabi Thaaha utusan Allah,
Rahmat dan keselamatan Allah,
Semoga tetap untuk Nabi Yasin kekasih Allah’

Kami berwasilah dengan berkah “Basmalah”,
Dan dengan Nabi yang menuniukkan lagi utusan Allah,
Dan seluruh.orang yang beriuang .karena Allah,
Sebab berkahnya sahabat ahli badar ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau menyelamatkan ummat,
Dari bencana dan siksa,
Dan dari susah dan kesemPitan,
Sebab berkahnya sahabat ahli bariar ya Allah’

Ya AIlah semoga Engkau selamatkan kami dari semua yang menyakitkan,
Dan semoga Engkau (Allah) meniauhkan tipu dan daya musuh-musuh,
Dan semoga Engkau mengasihi kami,
sebab berkahnya sahabat Ahli Badar Ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau menghilangkan beberapa kesusahan
Dari orang-orang yang berma’siat dan semua kerusakan,
Dan semoga Engkau hitangkan semua bencana dan wabah penyakit’
Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah

Maka sudah beberapa rahmat yang telah berhasil,
Dan sudah beberapa dari kehinaan yang dihilangkan,
Dan sudah banyak dari ni’mgt yang telah sampai,
Sebab berkahnya sahabal ahli Badar ya Allah’

Sudah berapa kati Engkau (Allah) memberi kekayaan orang yang makmur,
Dan berapa kati Engkau (Allah) memberi nikmat kepacla orang yang fakir,
Dan berapa kali Engkau (Allah) mengampuni orang yang berdosa,
Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Sungguh hati manusia merasa sempit di atas tanah yang luas ini;
karena banyakhya marabahaya yang mengerikan,
Dan malapetaka yang menghancurkan,
semoga Allah menyelamatkan kami dari bencana yang mengerikan,
Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.’

Kami datang dengan memohon pemberian/ pertolongan
Dan memohon agungnya kebaikan dan keuntungan
Semoga Allah meluaskan anugerah (keni’matan) yang melimpah-limpah.
Dari sebab berkahnya ahli Badar ya Allah.

Maka ianganlah Engkau (Allah) menolak kami menjadi rugi besar,
Bahkan jadikanlah diri kami dapat beramal baik, dan selalu bersuka ria.
Wahai Dzat yang punya keagungan (kemenangan) dan Prabawa,
Dengan sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Jika Engkau (Allah) terpaksa menolak hamba, maka kepada siapakah
kami akan datang mohon dengan mendapat semua hajat kami;
Wahai Dzat yang menghilangkan beberapa bencana dunia dan
akhirat, hilangkan bencana-bencana hamba
lantaran berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau rnengampuni kami dan memuliakan
diri kami, dengan mendapat hasil beberapa permahonan kami, dan
menolak keburukan-keburukan dari kami,
Dengan mendapat berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Ya Allah, Engkaulah yang punya belas kasihan,
dan punya keutamaan (anugerah) lagi kasih sayang,
Sudah banyaklah kesusahan yang hilang,
Dari sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Dan semoga Engkau (Allah) melimpahkan rahmat kepada Nabi yang senantiasa berbakti kepada-Nya,
dengan limpahan rahmat dan keselamatan yang tak terbilang dan tak terhitung,
Dan semoga tetap atas para keluarga Nabi dan para Sayyid yang bersinar nur cahayanya,
sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

42 komentar:

  1. kok kata2nya bertwasul pada ahli badar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdoa, memohon yang baik buat banyak orang...kembali kepada kita sendiri juga segala kebaikannya (berbuat baiklah kepada sesamamu sesungguhnya kau berbuat baik bagi dirimu sendiri)

      Hapus
    2. mungkin karena perang badar merupakan perang antara seluruh pengikut nabi muhammad merupakan assabiqunal awwalun(yg pertama kali masuk islam) jadi betapa susahnya mengajak orang arab yg keras itu masuk islam dan berkat perjangan mereka dan keridhaan allah islam bisa sampai kepada kita sekarang,, mungkin itu penyebab nya

      Hapus
    3. hmmm.....mari bersholawat hidup kan sholawat ini dalam diri dan jiwa kita mari kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari,siippp..

      Hapus
    4. Iya, benar. Kok berkahnya ahlu badr?
      Mengapa sholawat yg jelas berfahala seperti sholawat dalam sholat sahaja yg didatangkan.

      Tawasul kok dengan mayit orang yg telah tiara?

      Jangankan tawasul dg sahabat badr, tawasul dengan Rosullulloh pun tidak di izinkan!!!

      Swaktu Rosul masih ada sahabat minta didoakan. INI benar.
      Yg tidak boleh, bertawasul dengan mayit.

      Hapus
    5. Dan jangan sekali-kali engkau menyangka orang-orang yang terbunuh (yang gugur syahid) di jalan Allah itu mati, (mereka tidak mati) bahkan mereka itu hidup (secara istimewa) di sisi Tuhan mereka dengan mendapat rezeki;
      (Dan juga) mereka bersukacita dengan karunia Allah yang telah dilimpahkan kepada mereka, dan mereka bergembira dengan berita baik mengenai (saudara-saudaranya) orang-orang (Islam yang sedang berjuang), yang masih tinggal di belakang, yang belum (mati dan belum) sampai kepada mereka, (yaitu) bahawa tidak ada kebimbangan (dari berlakunya kejadian yang tidak baik) terhadap mereka, dan mereka pula tidak akan berdukacita.

      Mereka bergembira dengan balasan nikmat dari Allah dan limpah kurniaNya; dan (ingatlah), bahwa Allah tidak menghilangkan pahala orang-orang yang beriman. (Surah Ali ‘Imran:169-171)

      Hapus
  2. emangnya kenapa bertawasul ahli badar?
    rasul saja senang mendengarnya kenapa kita tidak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dalil yg menjelaskan rosul senang mendengarkan sholawat badar?

      perlu diketahui, bahwa sholawat badar diciptakan oleh Kyai Ali tahun 1960

      Hapus
    2. Kyai yg menciptakan sholawat2 yg tidak di izinkan pasti akan di hisab!

      Hapus
  3. aq seneng banget menyanyikannya...dapat pahala...

    BalasHapus
  4. Ijin Copy Paste ya om. semoga barokah amin



    Http://Tokoaqirel.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, penting bagi kita untuk menanamkan di memory otak anak semua kalimat pujian Allah dan Rasulullah, Subhanallah...

    BalasHapus
  6. Padahal itu sholawat yg heroik..karena di lantunkan pada saat perang badar utk memberi semangat pasukan muslim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo slawat termasuk dzikir sy sepakat... tapi siapa blng slwat badar dilantunkan saat perang badar? pake kitab apa itu? lahirnya slwat badar yg kita dengar sampe skrg aja sejak tahun 1960 Masehi mas

      Hapus
    2. Sholawat badr itu ciptaan orang yg akan merusak LAA ILAHA ILLAULLOH.
      Hati-hati saudaraku...
      Yg memberikan berkah hanya Alloh,.
      Apakah tanpa ahlu badr berkah tidak dapat turun?
      Hanya Alloh yg menurunkan berkah baik di langit maupun di bumi

      Hapus
    3. Innallaaha wa malaikatahu yusholluna alannabiy yaa ayyuhalladzina amanu shallu alaihi wasallimutazlima..

      Hapus
  7. Bagi yg Gk suka Shalawat dan tdk mmbenarkannya Gk usah Pusing, cuekin aja Ngapain mikirin yg seolah2 menjadi prtentangan antara kita. Lebih baik tnya kpd Para Ulama Kami yg lebih mngerti. Dan klu kalian ingin mngerti.bagi kami shalawat adalah Mengingat Allah dan KekasihNya Rasulullah Muhammad SAW.sma Hal sprti Dzikir. Insya Allah

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. jadi kangen mbah Gusdur...

    semoga Allah mengampuni kesalahanya dan disanding kan di sisiNYA. Amin

    http://darisrajih.wordpress.com/2011/05/23/riwayat-sholawat-badar/

    BalasHapus
  10. Shalawat ITU DOA yg dinyannyikan,mendoakan rasulullah Dan para syuhada ITU dapat membawa rahmat untuk kita......

    BalasHapus
    Balasan
    1. doa jgn dinyanyikan mas, i'tiba lebih baik (khusyuk) wallahualam

      Hapus
  11. simak dan kajian seputar shalawat badar di sini:

    http://mantankyainu.blogspot.com/2013/04/sejarah-shalawat-badar.html

    BalasHapus
  12. Sholawat badar ini adalah hasil karya Kiyai Ali Manshur, yang merupakan cucu Kiyai Haji Muhammad Shiddiq, Jember. Konon karya ini dibuat beliau untuk meredam keganasan PKI saat itu dengan membaca/berdzikir. Kenapa disebut sholawatan Badar karena sesuai klaim beliau, bahwa beliau bermimpi didatangi serombongan orang berjubah. Setelah ditanyakan kepada Habib Hadi al-Haddar Banyuwangi, Habib Hadi menyatakan bahwa manusia-manusia berjubah tersebut adalah para ahli Badar.

    Sekilas sholawatan itu bukan merupakan tuntunan ajaran yang disyariatkan agama, walau dalam konteks budaya syah-syah saja untuk dilestarikan, tetapi sekali lagi ini bukan tuntunan ibadah yang di sunnahkan apalagi diwajibkan.

    Pengertian sholawat adalah penafsiran dari QS.33 (Al-Ahzab):56, dimana terjemahannya pun sedikit berbeda. Depag menuliskan sbb:
    "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya".

    Tafsirnya adalah, sbb:
    Bershalawat artinya: kalau dari Allah berarti memberi rahmat: dari malaikat berarti memintakan ampunan dan kalau dari orang-orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat seperti dengan perkataan:Allahuma shalli ala Muhammad.
    Dengan mengucapkan perkataan seperti:Assalamu'alaika ayyuhan Nabi artinya: semoga keselamatan tercurah kepadamu hai Nabi.

    Terjemah The Holy Quran menuliskan, sbb:
    "Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya menganugerahkan rahmat kepada Nabi. Wahai orang yang beriman, mohonlah rahmat untuk dia, dan berilah hormat kepadanya dengan penghormatan yang layak".

    Tafsirnya adalah, sbb:
    "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk nabi" mempunyai makna bahwa Allah dan para Malaikatnya mendukung apa yang dilakukan nabi. Sholawat adalah jamak dari kata sholat (isim/kata benda). Shollu merupakan fiil amr (kata kerja perintah). Sholawat dari akar kata shod-lam-wau yang artinya bermacam-macam tergantung konteksnya yang salah satu artinya mendukung. Jadi jika ada kalimat sholawatlah kepada nabi, artinya merupakan perintah bahwa dukunglah atau taatilah atau contohlah apa yang diperintahkan nabi.

    Silahkan antum memberi kesimpulan dari apa yang saya sampaikan ini, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukan yang sangat bagus sekali trimaksih...Allahu Akbar.

      Hapus
  13. SIlahkan DOWNLOAD semua bacaan Sholawat Nabi lengkap disini, untuk android anda Gratis..
    Download Aplikasi Sholawat lengkap

    BalasHapus
  14. Jaman sekarang jamannya ulama berlomba lomba bikin sholawat buat cari ketenaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah bagi hati yang masih kotor.. Berprasangka buruk terhadap ulama.. Ulama lebih mengerti daripada anda... Perbaiki hati anda hilangkan kedengkian kpd para ulama ahli shalawat.

      Hapus
    2. mari kita hidupkan sholawat....jangan menjadi orang yang yang mengaku ahli sunnah tapi tak mau berjamaah dalam sholat.

      Hapus
  15. Ketika mencintai seseorang maka ucapan cinta menjadi berarti dan dinanti oleh sang kekasih...

    Ketika rindu hati kepada nabi ...
    Aku bershalawat...

    Krn Allah maha mendengar dan maha menyampaikan segala sesuatu...

    Shollu alaa nabi...
    Allohumma sholli wa sallim wa baarik alaihi...

    BalasHapus
  16. subhanallah semoga semakin banyak orang yang bersholawat. Aamiin. lanjutkan (y)

    BalasHapus
  17. Himbauan untuk semua ummat yang beragama islam dan mengaku ummat Nabi Muhammad .mari bersatu .ingat dan silahkan kaji hancurnya islam adalah dari orang orang islam sendiri yang saling memojokan para ulama pejuang,yang pada akhirnya saling menggolong golongkan ,belajar jangan jangan cuman satu guru ,menfasirkan jangan cuman dari saru ayat tapi carilah ayat ayat yang lain dalam Qur'an jangan menghafal hanya satu hadist ..jangan mengaku ahli Ahli Sunnah kalau kita tak mau bersholawat,dan sholat saja tak mau berjamaah,jangan suka membid'ah kan kalo kita sendiri sholat saja jarang berjamaah dan tidak tepat waktu.sesungguhnya ahli bid'ah yang sesungguhnya adalah orang yang mengaku beragama islam bersyahadat tapi sholatnya tak tepat waktu juga tak mau berjamaah dengan seribu macam alasan dunia yang di buat buat,jaman nabi Muhammad sangat menganjurkan Sholat berjamaah namun di jaman sekarang banyak sekali masjid atau mushola sepi jamaah ,,tapi di luar ternyata banyak yang saling mengaku orang yang paling benar agamanya ibadahnya .semoga allah menyatukan kita semua dalam SorgaNya mari kita tanamkan kecintaan kita pada Nabi kita Muhammad Saw ,

    BalasHapus
  18. sepakat... sy anak motor dn para sopir lagi belajar ibadah dan dikenalkan dgn bacaan shalawat dan dendangannya luar biasa dampaknya.. nah kalau dilarang ini itu ente2 mau dawah ke kita2 biar kita mau ibadah ??? jgn cuma mau masuk syurga sendiri bung! kata ulama yg menilai ibdah itu Allah lgs.. kita semua ini baru belajar ibadah.. ya shalat ya ngaji dstnya.. Rasulullah itu penrrang alam semesta hrs dihormati dn dipuji.. paglawan kemerdekaan aja dipuji dibuat lagu2 ente ga protes.. atau ibu kita gak blh dihormati gitu ??? wah jgn bikin kita susah mau bener deh.. jalan menuju bener beda2 kan.. proses beda2.. yuk doakan kita semua umat islam mati dalam keadaan baik itu baru manusia sukses kata ulama gw yg mau dtg ngunjungin kita2 dijalanan.

    BalasHapus
  19. Artikel yang bagus.
    Jangan lupa kunjungi www.refiza.com
    Ada banyak souvenir cantik untuk Aqiqah, pengajian, haji, pernikahan.

    BalasHapus